Tiba-tiba Presiden Biden Singgung 10 Tahun Lagi Jakarta Tenggelam dan Indonesia Pindah Ibu Kota

Tiba-tiba Presiden Biden Singgung 10 Tahun Lagi Jakarta Tenggelam dan Indonesia Pindah Ibu Kota

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden berbicara mengenai perubahan iklim dan dampaknya. Antara lain, proyeksi Indonesia pindah Ibu Kota, karena 10 tahun lagi Jakarta tenggelam.

Pernyataan itu disampaikan Joe Biden dalam sambutannya, saat berkunjung ke Kantor Direktur Intelijen Nasional.

Biden mengatakan, kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, maka dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

\"Tapi apa yang terjadi - apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?\" tuturnya.

\"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan,\" imbuhnya.

Sebelumnya, proyeksi serupa disampaikan The National Aeronautics and Space Administration (NASA) lewat sebuah riset.

\"Dengan meningkatnya suhu global dan pencarian lapisan es, banyak kota pesisir menghadapi risiko banjir yang semakin besar. Itu dikarenakan kenaikan permukaan air laut,\" tulis NASA.

Rata-rata permukaan laut global naik sebesar 3,3 milimeter per tahun. Sudah begitu, hujan semakin intens dengan atmosfer yang makin memanas.

Itu ditambah dengan penyedotan air tanah tanpa ampun dengan pompa air. Data menunjukkan, sekitar 40 persen luas tanah Jakarta berada di bawah permukaan laut saat ini.

\"Pompa air tanah menyebabkan tanah tanah tenggelam atau surut dengan kecepatan tinggi,\" begitulah keterangan yang dibuat NASA. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: